Senin, 18 Juni 2012

Konten yang Berkualitas dan Bertrafik Tinggi

Content berkualitas tentu bisa menjadi daya jual sebuah blog. Sehingga tidak jarang, blog yang memiliki content berkualitas, akan bertrafik tinggi. Tentu kualitas seperti apa yang menjadi parameter setiap orang berbeda-beda. Ada kualitas yang diukur dari seberapa besar komentar yang dia terima, ada kualitas yang diukur dari tulisan yang mengandung kontroversi, ada juga kualitas yang hanya mengandalkan trafik pengunjung yang tinggi.
Lalu bagaimana caranya membuat content berkualitas, sehingga bertrafik tinggi ?!?
Sebelum menjawab itu, ada baiknya kita harus bertanya dulu, buat apa kita membuat content berkualitas ?!?, sedangkan efek dari content berkualitas, tergantung dari tujuan buat apa kita membuat content berkualitas tersebut, bisa jadi akan bertrafik tinggi atau seperti apa ?!?
Nah dari situlah pilihan kembali kepada sang blogger sendiri. Mau apa dengan content berkualitas ?!?.
Namun, karena content di blog ini masih jauh dari berkualitas, saya cuma memberi indikasi seperti apa content berkualitas itu, antara lain :
1.    Penggunaan SEO dengan keyword yang sesuai dengan apa yang diinginkan pengunjung. Artinya dengan memanfaatkan SEO, keyword yang dipakai bukan cuma menjebak pengunjung saja, namun pengunjung dapat menemukan yang dia cari dari keyword yang dia temukan, yakni dengan menulis content yang sesuai dengan keyword yang di optimasikan. Seperti kontes SEO Stop Dreaming Start Action, yang merupakan kontes SEO dalam mengoptimasi keyword, namun kualitas tulisan dijaga, sehingga harus sesuai tema.
2.    Average time page views user yang lebih lama. Dengan memanfaatkan fasilitas statistik yang ada untuk melihat berapa lama seh seorang pengunjung betah membaca tulisan kita. Dengan membaca itu, kita bisa memprediksi 2 hal : Yang pertama, apakah pengunjung hanya datang karena tersesat, sehingga hanya sekilas saja (average dibawah 2 menit). Yang kedua, apakah pengunjung merasa nyaman dengan tulisan kita, sehingga mau berlama-lama (average timenya sekitar 3-4 menit). Sehingga membuktikan content kita berkualitas.
3.    Memberikan manfaat pengetahuan yang menarik bagi pengunjung yang datang, sehingga banyak pengunjung yang loyal. Artinya kita bisa juga membaca bisa dari loyalitas yang berkunjung ke blog kita. Semakin banyak pengunjung yang kembali, artinya semakin banyak yang datang tidak hanya sekali, maka menunjukkan kualitas content.
Yups…. ini hanya ukuran yang saya berikan dalam melihat content berkualitas. Dengan melihat statistik seperti itu bisa menjadi indikasi dalam menilai apakah content kita berkualitas.
Dari mana lihat statistiknya ?!? bisa dari Histat, atau google analitycs atau fasilitas gratisan lainnya.
So, dengan content berkualitas, kita bisa menyetir efek seperti apa yang kita inginkan dari blog kita. Apakah bisa menaikkan trafik blog !??! apakah bisa memberikan perubahan pada opini publik ?!? ataukah efek lainnya dari content berkualitas yang kita tulis ?!?


1 komentar:

purnama on 13 Februari 2015 pukul 08.00 mengatakan...

makasih banyak ilmunya ya gan, bisa di coba nih
http://goo.gl/ZSUjsx
http://goo.gl/f0iZpj
http://goo.gl/N9nRsn

Posting Komentar

 

© 2011 Dhe M An-Nawawie - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us