Minggu, 11 Maret 2012

ARTIKEL 2. SEDIKIT ULASAN MENGENAI E-COMMERCE & E-BISNIS

Tidak sedikit orang yang berasumsi bahwa E – Commerce dan E – Bisnis sama saja. Yaa secara sepintas emang kedengarannya sama tapi secara teknis sebenarnya berbeda. Secara definisinya E– commerce merupakan bagian dari E– bisnis, namun tidak semua E – bisnis adalah E – commerce.
Jika di bandingkan dengan E – Bisnis, makna dari kata  E – Commerce itu terlalu sempit karena E – Commerce adalah salah satu sub perangkat dari E – Bisnis. Dimana E – Bisnis itu memiliki makna luas, lebih menuju kepada cara penggunaan teknologi untuk menjalankan suatu bisnis yang memberikan hasil sa nmemberikan dampak besar kepada bisnis secara menyeluruh. Sementara E – Commerce itu sendiri lebih  mengacu  kepada penggunaan internet untuk belanja secara online, seperti untuk belanja produk dan jasa. Contok kecilnya saja terjadi ketika konsumen mengorder tiket, buku, dan produk berwujud maupun tidak terwujud melalui jaringan internet. Contoh lainnya yaitu letika suatu organisasi ataupun individu membayar sejumlah uang via internet.
Sedikit ilustrasi mengenai keduanya yaitu seperti order buku di Amazon.com itu termasuk pada – Commerce dan E–Bisnis. Membuat sebuah peta dengan arahan dari rumah ke kampus di Facebook.comitu merupakan E – Bisnis tapi tidak melibatkan E – Commerce.
Terkadang banyak hal yang membingungkan dari salah satu istilah tersebut. Kebingunganya seperti halnya istilah marketing(pemasaran) dan sales (penjualan). Sales sendiri merupakan bagian dari marketing, sedangkan marketing termasuk lain seperti periklanan yang bukan merupakan bagian dari sales.
Itulah sedikit ulasan mengenai  – Commerce dan E – Bisnis, mudah – mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua..


1 komentar:

choco's is mooviie on 25 Februari 2013 pukul 16.59 mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai e-commerce, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4462/1/upload%20dika.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Posting Komentar

 

© 2011 Dhe M An-Nawawie - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us